Tuesday, April 20, 2010

Penting untuk para anak, calon orang tua dan orang tua serta ibu-ibu hamil

http://catatansimar.blogspot.com

Berdasarkan hukum mendel, seorang anak akan mewarisi sifat setengah dari ayahnya dan yang setengah lagi dari ibunya. Teori Mendel ini hanya berhubungan dengan gen (DNA) yang terkandung dalam inti sel. Dalam perkembangannya, ternyata ditemukan pula DNA di luar inti sel, yaitu pada organ yang disebut mitokondria, yang letaknya juga di dalam sel. banyaknya DNA mitokondria ini bervariasi, dari 2-5% dari total DNA secara keseluruhan di dalam inti sel. Dalam proses pembuahan, mitokondria ini hanya dimiliki sel telur (ovum), sedangkan spermatozoa tidak memilikinya. Hal ini berarti bahwa seorang anak mewarisi sifat lebih banyak dari ibunya, karena adanya DNA mitokondria yang juda diwariskan hanya dari ibu.

Penemuan DNA mitokondria ini terjadi dalam kurun 30 tahun terakhir.
Jika fenomena ini kita telusuri di dalam AL-qur'an dan hadist, maka petunjuk seperti ini sebenarnya sudah akrab dengan kita, hanya saja sayangnya kita memandang semata-mata dari sudut agama saja. Di dalam islam menghormati dan berbakti kepada orang tua itu wajib hukumnya. Bahkan, kita ditekankan untuk menjawab panggilan ibu walaupun pada saat itu kita sedang sholat sunah. Kedudukan seorang ibu demikian istimewanya di dalam islam. Seringkali hal ini hanya dimaknai hanya sebagai susah payahnya seorang ibu selama 9 bulan mengandung anaknya, selanjutnya dalam kurun paling tidak dua tahun menyusui anak, dan dilanjutkan mendidik anak-anaknya. Resiko kehilangan nyawa bagi seorang ibu dalam mengandung dan melahirkan anaknya sangat tinggi. Dalam kenyataannya beban seorang ayah juga dapat dikatakan seberat seorang ibu dalam rangka mencari nafkah, akan tetapi mengapa dalam alqur'an peran seorang ibu lebih ditekankan dalam membentuk karakter seorang anak. Penekanan ini terbukti secara ilmiah dengan adanya campur tangan DNA mitokondria yang hanya berasal dari ibu. Di samping itu, lingkungan rahim selama bayi dalam kandungan juga akan menghasilkan karakter sesuai hukum genetika bahwa, fenotip adalah hasil dari gen yang berinteraksi dengan lingkungan (rahim).
Hal ini sejalan dengan pernyataan "Wanita itu adalah tiang negara".

wallahu alam.

Sumber Rahasia dan hikmah pewarisan sifat (ilmu Genetika dalam Alqur'an) karangan Prof. Dr. Ir. Ronny Rachman Noor, M.Rur.Sc dan Prof. Dr. Ir Kundang Boro Seminar, M.Sc.

No comments: