Tuesday, April 20, 2010

Laki-laki dan perempuan itu berbeda

Pernyataan bahwa laki-laki dan perempuan berbeda itu telah terbukti secara genetik. Setiap manusia normal akan memiliki jumlah kromosom sebanyak 46 buah. Kromosom ini berpasang-pasangan sehingga terdapat 23 pasang. Pasangan kromosom ini dibagi lagi menjadi 2, yaitu 22 pasang merupakan kromosom tubuh (autosome) dan 1 pasang berikutnya merupakan kromosom kelamin (sex). Setiap laki-laki memiliki 22 pasang kromosom autosome ditambah 1 pasang kromosom sex yang dinotasikan dengan huruf X dan Y (XY). Berbeda dengan laki-laki, seorang wanita memiliki 22 pasang kromosom autosom dan 1 pasang kromosom sex dengan notasi XX.
(laki-laki= 22A+XY; perempuan =22A+XX).

Keajaiban penciptaan ini dicontohkan pada kasus buta warna. Sifat buta warna hanya terletak pada kromosom X yang ekspresinya lebih banyak dijumpai pada laki-laki, sebab untuk laki-laki apabila dia mewarisi kromosom X yang mengandung gen buta warna dari ayahatau ibunya, maka dapat dipastikan dia menderita buta warna. Sedangkan untuk perempuan apabila sifat buta warna hanya terletak pada salah satu kromosom X, maka tidak akan menderita buta warna tetapi sebagai carrier buta warna. hal ini ternyata sama dengan sifat kebotakan dini, oleh sebab ini kita lebih banyak melihat laki-laki yang mengalami kebotakan daripada wanita.

Seperti pada note tentang adanya DNA mitokondria yang hanya diwariskan dari seorang ibu, jelaslah bahwa wanita diciptakan berbeda dengan laki-laki. Demikian pula sifat memiliki bulu lebat dan berjanggut lebat hanya tertaut pada kromosom Y, meskipun ekspresi ini berhubungan dengan pengaruh hormon. Maha besar Allah yang telah menciptakan laki-laki dan wanita berbeda dan istimewa dengan peran dan kelebihan masing-masing. Seperti dalam sebuah surat Allah berfirman: " kaum laki-laki adalah pemimpin bagi kaum wanita, oleh karena Allah telah melebihkan sebahagian mereka telah menafkahkan sebagain dari harta mereka" (4:34).
wallahu'alam.

sumber : Rahasia dan Hikmah Pewarisan Sifat (ilmu Genetika dalam Al-Qur'an)
karangan Prof. Dr. Ir. Ronny Rachman Noor, M.Rur.Sc dan Prof. Dr. Ir Kundang Boro Seminar, M.Sc.

No comments: