Tuesday, August 2, 2016

Lomba Agustus yang Lucu dan Unik

http://www.batumedia.com

Apa sih yang terlintas dalam pikiran teman-teman semua jika disebutkan kata "Agustus". Yap saat ini kita sudah memasuki bulan agustus tepatnya bulan ke delapan

kalender Masehi. Bulan Agustus identik dengan hari ulang tahun negara kita tercinta Indonesia. Lebih tepatnya jatuh pada tanggal 17 Agustus. Pada tanggal ini di tahun

1945 melalui Proklamator Kita Bapak Presiden Ir. Soekarno, membacakan naskah Proklamasi. Sejak detik itulah kita layak disebut sebagai negara yang merdeka.

Nama Agustus sendiri banyak dari kita yang tidak paham kenapa dinamai bulan Agustus. Berikut cuplikan penjelasan dari web https://id.wikipedia.org/wiki/Agustus tentang bulan Agustus.

"Agustus adalah bulan kedelapan dalam satu tahun Kalender Gregorian. Asal usul kata ini dalam bahasa Indonesia tidaklah begitu jelas, tetapi kemungkinan besar diambil dari bahasa Portugis "Agosto" yang dipengaruhi oleh bahasa Belanda "Augustus". Kedua nama tersebut merujuk kepada Kaisar Romawi, Octavianus Augustus. Sebelumnya, bulan ini disebut Sextilis yang berarti keenam dalam bahasa Latin.

Agustus adalah satu dari tujuh bulan lain yang memiliki 31 hari. Pada tahun biasa, tidak ada bulan lain yang dimulai pada hari dalam minggu yang sama seperti pada bulan Agustus walaupun pada tahun kabisat, bulan Februari dimulai pada hari yang sama. Bulan Agustus berakhir pada hari yang sama dengan bulan November setiap tahunnya."

Nah berkaitan dengan bulan agustus, pada banyak lokasi mulai ramai diadakan aneka lomba untuk meramaikan Bulan Agustus sebagai hari kemerdekaan. Nah kira-kira teman-

teman sudah ada belum ide lomba bulan agustus ini. berikut ini beberapa alternatif lomba 17 agustus yang bisa teman-teman jadikan referensi. Ada banyak sekali ide lomba agustus yang bisa teman-teman praktikan, misalnya dari situs halaman http://www.batumedia.com/2015/08/lomba-17-agustus.html tentang Beberapa Jenis Lomba 17 Agustus-an Paling Unik, Lucu, dan Gokil.

Pada alamat web tersebut disampaikan beberapa ide lomba Agustusan antara lain:
1.Lomba Makan Kerupuk
Lomba makan kerupuk ini sederhana. Beberapa kerupik digantung dengan ketinggian sedikit di atas kepala peserta. Peserta berlomba memakan kerupuk tanpa boleh memegang. ayunan tali akan membuat kerupuk naik turun dan sulit ditangkap mulut peserta akan menjadikan lomba ini sangat lucu.
http://www.batumedia.com


2.Lomba Balap Karung
Lomba balap karung dilakukan dengan adu kecepatan para peserta dari start-finish. Peserta harus memasukan kaki ke dalam karung goni untuk berjalan. Gerakan lucu dan jatuh bangun peserta akan membuat kita tertawa ceria dengan lomba agustusan jenis ini

3.Lomba Memasukkan Belut Kedalam Botol
Belut yang licin dan sulit ditangkap akan membuat peserta kesulitan memasukkan belut-belut ini ke dalam botol.

4.Lomba panjat pinang
Panjat pinang seolah menjadi ikon lomba 17 agustus di seluruh Indonesia. Batang pinang ini dibeberapa daerah ada yang diganti bambu. Batang yang licin dengan oli membutuhkan kerjasama seluruh tim untuk bisa meraih hadiah yang digantung di atas pinang/bambu.

5.Lomba Mecahkan Balon Berisi Air
Balon-balon digantung pada ketinggian tertentu kemudian peserta denga mata tertutup diminta memecahkan balon dengan pemukul dari pelepah pisang.

6. Lomba Memindahkan Kelereng Pakai Sendok
kelereng diletakkan pada sendok yang ujungnya digigit oleh peserta yang harus berlomba dari satu titik ke titik lain.

7. Lomba tarik tambang
Seutas tali ditarik oleh dua kelompok orang. Kelompok pemenang adalah yang bisa menarik tali ke sisi kelompoknya pada jarak tertentu.

8. Lomba balap bakiak
9. Lomba Sepeda Lambat
10. Lomba sepak bola sarung
11. Lomba Gigit Koin
12. Lomba perang bantal
13. Lomba Rias Mata Tertutup
14. Lomba memasukan bendera ke dalam botol
15. Lomba joget balon
16. Lomba memasak
17. Lomba menangkap bebek/itik
18. Lomba egrang



2 comments:

Abizza junior said...

"kerupuk digantung dengan ketinggian sedikit di atas kepala peserta."

Kenapa ya kerupuknya digantung di atas kepala peserta? Kenapa ga setinggi mulut aja?

dwi susanto said...

kalo di tempat saya biar pesertanya sambil lompat2 biar tambah lucu..:-)