Sunday, July 10, 2016

Brexit aka brebes exit pengingat Kemacetan di Padang Mahsyar

Assalamualaikum wrwb,

Sahabat...

Hari Raya 'Idul Fitri 1437 H tahun ini trending topiknya adalah Brexit/Brebes Exit. Pelajaran atas kondisi ini bagi saya adalah mengingatkan pada *Kemacetan di Padang Mahsyar*.

Kemacetan di Pejagan mencapai 30 km dan Brebes 6 km, cukup melelahkan, menelangsakan dan konon sampai menelan korban jiwa. Saya tidak kebayang betapa lelahnya berada di tengah kemacetan berjam-jam, maju tidak bisa mundur tidak bisa, sulit memperoleh supply air dan makanan, minimnya oksigen untuk bernafas. Kondisi Brexit ini memberi ilham keakhiratan : saya begitu takut jika saya mengalami kemacetan di Padang Mahsyar...!!

Sahabat rahimakumulllah, coba hadirkan suasana Yaumil Mahsyar kelak, saat Allah SWT menghimpun puluhan bahkan ratusan milyar manusia dalam satu lokasi. Saat kaki tidak bisa bergerak kesana kemari kecuali hanya bisa menunggu dan menunggu giliran, saat amalnya dihisab. Saat itulah gambaran macet total milyaran manusia tak berpakaian tak beralasan kaki dimungkinkan terjadi. Subhaanallaah....

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda,

«لاَ تَزُولُ قَدَمَا عَبْدٍ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَتَّى يُسْأَلَ عَنْ عُمْرِهِ فِيمَا أَفْنَاهُ وَعَنْ عِلْمِهِ فِيمَا فَعَلَ وَعَنْ مَالِهِ مِنْ أَيْنَ اكْتَسَبَهُ وَفِيمَا أَنْفَقَهُ وَعَنْ جِسْمِهِ فِيمَا أَبْلاَهُ»

“Tidak akan bergeser dua telapak kaki seorang hamba pada hari kiamat sampai dia ditanya (dimintai pertanggungjawaban) tentang umurnya kemana dihabiskannya, tentang ilmunya bagaimana dia mengamalkannya, tentang hartanya; dari mana diperolehnya dan kemana dibelanjakannya, serta tentang tubuhnya untuk apa digunakannya”. (HR Tirmidzi dan ad Darimi)

Ingatlah dan berwaspadalah saat hari mengerikan itu tiba : *peradilan yang adil tanpa suap dan gratifikasi, hari di mana seluruh wajah tertunduk, berhadapan hanya sang hamba dengan Rabb-nya saja*.

Contoh dua pertanyaan seputar harta yang tidak akan meleset perhitungannya : Apakah yakin didapat dan dibelanjakan dengan cara yang halal dan baik ? Adakah garansi ia bebas dari riba, gharar, maisir, menipu, korupsi, dusta, mark up anggaran, mengurangi timbangan dan bentuk bentuk kezaliman lainnya..?

Mengurai pertanyaan hadist tersebut tentang umur, ilmu dan harta tentu butuh kajian yang komprehensif dan kontribusi. Saya mencintai kalian para sahabat semua karena Allah, saya mengajak kalian para sahabat jangan pernah lelah dan bosan untuk terus belajar dan menghadiri majlis-majlis ilmu Al Quran dan Sunnah.

_Ya Allah ampunilah dosa-dosa hamba, atas kelalaian menghabiskan umur, kelalaian mengamalkan ilmu, kelalaian memperoleh dan membelanjakan harta, dan kelalaian menggunakan tubuh ini... Bimbinglah hamba di dunia dengan taufiq dan hidayahmu, mudahkanlah hamba dari ketatnya hisab yaumil mahsyar, selamatkan hamba dari fitnah dunia dan fitnah dajjal, selamatkanlah hamba dari siksa api neraka._

Aamiin yaa Rabbal 'alamiin.....

Repost :
by dr. Eny _ RS. Islam Bogor

No comments: